UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA

SELASA, 1 OKTOBER 2024 SMK Darussalam Karangpucung Mengadakan Upacara Dalam Rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Melalui Upacara ini, kami meneguhkan kembali komitmen terhadap nilai – nilai pancasila yang menjadi dasar bangsa. Bersama, kita bangun generasi yang tangguh, bersatu, dan berintegritas!!!

Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober adalah momen bersejarah bagi bangsa Indonesia untuk mengenang perjuangan melawan ancaman ideologi yang berusaha menggantikan Pancasila sebagai dasar negara. Pada tahun 1965, Gerakan 30 September atau G30S yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) berusaha melakukan kudeta dengan membunuh tujuh perwira tinggi militer. Meski demikian, berkat kekuatan dan kesatuan masyarakat serta militer Indonesia, gerakan ini berhasil digagalkan. Peristiwa ini menjadi bukti bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa tetap teguh dan tidak dapat digantikan oleh paham apapun yang bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga menjadi pengingat bagi seluruh rakyat Indonesia untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam keragaman. Pancasila sebagai dasar negara mengandung nilai-nilai yang menyatukan seluruh elemen bangsa dari berbagai latar belakang suku, agama, dan budaya. Setiap tanggal 1 Oktober, berbagai upacara kenegaraan digelar untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah berkorban demi menjaga keutuhan bangsa dan negara. Nilai-nilai Pancasila harus terus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, agar Indonesia tetap kokoh dan terhindar dari perpecahan.

Categories: Berita