Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) merupakan salah satu program keahlian SMK yang bergerak di bidang Informasi dan Teknologi. Siswa jurusan TKJ dididik untuk mampu melakukan installasi jaringan komputer, baik itu jaringan komputer dalam rumah / kantor, antar kantor, antar kota, antar provinsi, bahkan antar negara.

Dalam sebuah perusahaan, jaringan komputer merupakan hal yang wajib. Setiap komputer yang berada di kantor harus bisa terhubung dengan komputer lainnya. Selain itu setiap komputer juga harus terhubung ke internet untuk mengumpulkan informasi.

Jika sebuah perusahaan memiliki kantor cabang, maka antara kantor pusat dan kantor cabang juga harus saling terhubung, hal ini dikarenakan banyak sekali komunikasi yang perlu dilakukan antara kantor pusat dan kantor cabang.

Materi yang dipelajari Siswa TKJ

Dari waktu ke waktu, kebutuhan manusia akan jaringan komputer terus meningkat. Setiap orang menuntut untuk bisa terhubung dengan orang lain walau terhalangi oleh jarak yang ratusan atau bahkan ribuan kilo. Setiap orang menuntut untuk dapat memperoleh informasi dengan cepat dan akurat.

Dengan segala tuntutan tentang jaringan komputer tersebut, siswa TKJ harus dibekali dengan meteri-materi yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Sehingga siswa lulusan TKJ memiliki skill untuk memenuhi segala tuntutan jaringan komputer di masa depan.

Materi yang akan dipelajari oleh siswa jurusan TKJ diantaranya adalah sebagai berikut :

Perakitan Komputer

Perakitan PC (Personal Computer) merupakan materi dasar yang diajarkan pada kompetensi keahlian Teknik Komputer dan jaringan. Pada materi ini siswa dibekali cara merakit PC, instalasi sistem operasi, instalasi aplikasi, dan lain-lain.

Cisco

Cisco merupakan salah satu perangkat jaringan (network device) terhandal yang saat ini beredar di dunia. Cisco biasanya digunakan untuk membangun jaringan skala menengah hingga besar. Hampir seluruh perusahaan besar di Indonesia pasti menggunakan cisco untuk membangun jaringannya.

Mikrotik

Selain cisco, saat ini juga beredar perangkat jaringan yang sangat terkenal, yaitu Mikrotik. Mikrotik banyak digunakan pada jaringan skala kecil hingga skala menengah. Di Indonesia, mikrotik berkembang dengan sangat pesat. Hampir seluruh Internet Service Provider (Penyedia layanan internet) lokal menggunakan mikrotik sebagai perangkat jaringan utama. Selain itu, mikrotik juga banyak digunakan di perhotelan, perkantoran, jaringan sekolahan, dll.

Wireless

Materi yang tidak kalah penting dari cisco dan mikrotik yang harus dipelajari oleh siswa jurusan TKJ adalah wireless. Hal ini dikarenakan banyak jaringan didunia yang dibangun diatas jaringan wireless, baik wireless indoor (dalam ruangan) maupun outdoor (luar ruangan).

Wireless indoor biasa digunakan untuk menghbungkan client ke jaringan internet, seperti HP, Gadget, Laptop, dll. Saat ini hampir setiap bangunan di dunia pasti memiliki jaringan wireless. Terbukti setiap kita pergi ke suatu tempat, pasti ada hotspot yang terdeteksi di HP atau gadget kita. Sedangkan wireless outdoor digunakan untuk jaringan yang berjauhan, seperti jaringan antara Jakarta dengan Surabaya, jaringan antara Tangerang dengan Malang, dll.

Linux

Linux dibekali kepada siswa untuk mengenal berbagai jenis server, mulai dari web server, DNS server, FTP server, Mail server, DHCP server dan lain sebagainya.